Saturday, June 28, 2008

Apricot Tarte Tatin

Percobaan membuat tart ini saya lakukan setelah minggu lalu ikutan cooking class di Sur La Table. Resep ini dari Doris Greenspan dalam bukunya Baking : From My Home to Yours.

Yang membuat saya pengen mencoba adalah teknik yang menggunakan pie crust secara terbalik. Yakni diletakkan diatas ketimbang sebagai base. Walau bahan utama dari Apricot tapi bisa divariasi dengan apel, buah pear, mangga atau peach.

Ada perbedaan cukup mencolok antara hasil saya dan ketika di cooking class. Saya lihat Melissa memasak filling tidak terlalu coklat, jadi masih agak kekuningan. Saya mencoba membuat sesuai dengan resep Dorie dan ternyata hasilnya lebih bagusan begitu. Karena warnanya jadi sangat coklat dan juga efek jus yang dikeluarkan apricot dengan caramel jadi harum baunya.

Saya ngga punya panci ukuran 9inc, jadilah terpaksa memasak karamel terpisah dengan wadah panggang. Ohya karamel akan cepat mengeras jika dingin jadi ratakan dulu di panci sebelum matikan api. Jadi kalau memindah karamel kudu cepet2. Makanya kenapa di resep aslinya tempat bikin filling juga wadah memanggang (dari besi yang tahan oven).

Satu hal yang mungkin bisa ditambahkan adalah menaburkan bubuk kayu manis (ground cinnamon) ketika menyusun buah apricot. Harumnya lebih sip! Wow...rasanya beda sekali dengan pie yang menggunakan pastry dibawah. Karena dibalik begitu selesai, pastry menjadi lunak akibat resapan jus. Menurut saya itu enaknya, karena lunak jadi agak kremes2.

Perbedaan kedua adalah rasa. Hasil Apricot tart saya lebih asem dan kerasa jus-nya. Ini karena saya sisipkan apricot super kecut bernama Black Valvet. Warnanya lebih kuning daripada sedikit oranges seperti umumnya apricot. Menurut Mr. C lebih asem dari Rhubarb yang dibikin clofoutis. Jadi ya suka banget.

Cara menyajikannya lebih enak anget karena faktor caramel itu. Kalau mau dicampur es krim juga okeh.



Apricot Tarte Tatin


Bahan untuk membuat pie crust ukuran 9inch :
1.5 cup tepung terigu (all purpose)
2 tbs gula pasir
3/4 tsp garam
10 tbs mentega tanpa garam kondisi dingin (potong kecil2)
2.5 tbs minyak (saya tidak pake, diganti mentega)
1/4 cup air es

Bahan untuk filling :
8 tbs mentega tanpa garam
3/4 cup gula pasir
8 buah apricot *, ambil isinya dan dibelah dua (saya mencampur separuh apricot dengan yang sangat kecut bernama Black Velvet)

* bisa diganti buah lainnya

Membuat pie crust :
1. Masukkan tepung, garam dan gula dalam food processor. Campur hingga merata. Lalu masukkan mentega sambil on-off mesin. Juga masukkan air es kedalamnya sedikit demi sedikit.

2. Keluarkan dari mesin dan bentuk menjadi bola lalu digepengkan. Jangan terlalu lama membentuk dengan tangan karena mentega meleleh dengan cepat. Bungkus dengan plastik, masukkan dalam kulkas paling ngga 1 jam sebelum mulai di roll.

3. Siapkan meja rolling, sebar tepung di permukaan. Rolling hingga ketebalan merata dan membentuk minimal 9inc diameter. Sisihkan dan bungkus dengan plastik lalu masukkan kulkas sambil menunggu filling.

Note : saya mengerjakan filling di akhir karena memakai nampan beda. Kalau punya skillet dari besi lebih bagus lagi.

Cara membuat filling (isi) :
1. Siapkan pan rata yang tahan oven dalam api sedang. Masukkan mentega. Putar pan sehingga lelehan mentega mengenai semua sisi permukaan pan. Masukkan gula pasir, masak hingga gula menjadi caramel dengan tanda warna coklat tua selama 15menitan.

2. Ratakan caramel lalu susun potongan apricot didalam pan. Letakkan sisi rata apricot dibawah. Ini penting banget karena begitu dimasak apricot akan mengecil. Jika ada sisa, buat lapisan kedua.

3. Ambil pie crust dari kulkas dan letakkan diatas pan. Jika ada sisa, gelung dan masukkan sehingga rata dan terlihat tidak bocor.

4. Panggang dalam suhu 204C selama 30-40 menit atau hingga pastry masak (warna kecoklatan). Jika matang, tiriskan di rak pendingin.

5. Tunggu sekitar 5-8 menit sehingga tidak terlalu panas. Ambil piring saji datar, katupkan pada pan dan dibalik. Perlahan-lahan pan digoyang dan diambil. Jika susah dikeluarkan, pakai sendok untuk membantu. Sajikan hangat dengan es krim.








No comments: