Thursday, August 21, 2008

KBB#6: Cheese Biscuits



Saya sebenarnya bukan anggota 'resmi' Klub Berani Baking, cuma pemerhati saja terutama ikutan posting podipoto di Flickr. Tapi karena sakit Barcelona membuat saya terkunci di rumah selama 2 hari akhirnya saya coba tantangan Cheese Biscuits ini.

Karena ngga bisa kemana-mana, saya cuma memanfaatkan apa yang ada di pantry. Jadi kalau dianggap enggak sesuai dengan requirement pasrah waelah. Ada bahan yang ngga ada yakni : cayenne pepper dan sasame seeds. Sedangkan keju kebetulan ada sisa, cuma cheddar-nya ini adalah hasil asap. Untuk isi saya bongkar kacang2an. Adanya almond baik yang tipis dan chunky. Eh kok nemu kacang pistachio yang masih utuh. Trus ada kacang pecans bekas membuat cookies-nya Dorie. Ngga tau kenapa saya tambahkan gula, mungkin karena agar kesan biskuit ini kudu sedikit manis, asin dan renyah.

Resep dasar dari KBB saya utak-atik dengan penjelasan yang lebih detail. Misalnya suhu oven tidak seperti yang dianjurkan, tapi saya set 167C karena oven saya fixed setting. Cara membuat juga saya gunakan mesin dengan stand mixer yang dipakai flat beater. Walau sebenarnya bisa digunakan dengan hand mixer atau dengan tangan saja.

Hasilnya adalah biskuit yang renyah sekali. Saya sengaja memasak agak lama karena ingin hasil kecoklatan. Keju asap-nya terasa sekali dengan sedikit asin dan manis. Kacang pistachio dan pecan kalau dikunyah kriuk-kriuk. Enak banget sebagai teman ngopi.

Bisa dibilang ini adalah posting saya pertama di KBB. Met mencoba yaks..

Cheese Biscuits

untuk 50 potong
waktu memasak 30 menit


225g keju tua parut (saya memakai Smoked Cheddar Tillamock)
125g mentega Challenge (tanpa garam dalam suhu ruang sekitar 15-30 menit, potong bentuk kubus)
125g tepung terigu (diayak)

1/4 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh garam
2 sdm gula

Isi :
100 gr pistachio tanpa garam (sedikit ditumbuk, jangan terlalu halus)
100 gr kacang pecan (sedikit ditumbuk, jangan terlalu halus)

Topping
kacang almond bentuk pipih secukupnya


  1. Siapkan oven dalam suhu 167C dengan rak tepat di tengah.
  2. Dengan mesin acak mentega dengan gula hingga tercampur sekitar 2 menit kecepatan rendah.
  3. Masukkan tepung terigu + baking powder yang telah diayak sedikit demi sedikit. Set mixer dengan kecepatan sedang selama 2-3 menit hingga tercampur merata
  4. Masukkan keju parut pelan-pelan, aduk hingga 1 menit kedepan. Matikan mesin dan aduk secara manual.
  5. Pisahkan adonan menjadi dua, satu diisi dengan kacang pistachio dan satunya dengan kacang pecan.
  6. Gulung dalam ukuran bola ibu jari, tempatkan dalam cookies sheet. Beri jarak sekitar 3-4 cm antara cookies untuk memberikan ruang mengembang. Dengan jari tekan hingga sedikit pipih. Hiasi dengan topping almond. (satu batch cookies sekitar 25 buah)
  7. Bakar dalam oven selama 20 menit untuk hasil sedikit kecoklatan. Jangan terlalu coklat karena walau udah dikeluarkan dari oven, biskuit meneruskan proses memasak. Angkat dan angin-anginkan sebelum dimasukkan wadah.

ps : ini pertama kali moto pake poket kamera. Gimana pendapatnya?

5 comments:

mae said...

cuantiiiik banget ! Aduh KBB pasti bangga bgt resepnya dicoba, apalagi dgn penampakan seperti ini.

Ga ada perbedaan antara pake SLR or poket kamera, smeua tergantung yg megang, and you proved it. I always love your photos. Look awesome !

oya, salam kenal ya...

Rachmah Setyawati said...

waduh, penampakan biskuit kejunya cakep banget !! membuat orang yg melihatnya kepinging nyomot lagiii...lagiii & lagii

Elsye said...

wahhhh asikkk iki mbak..., cantikkk biscuitne :D, o ya sekalian tak link blognya :D suwunn

Eliza said...

sekalian aja ikut KBB, pasti seru :)

http://fooddiary.blogsome.com

Diana Novita said...

menurutku sih..tampak tidak berbeda tetep indah dipandang (enak dimakan??)..
memang tergantung yang makai..bukan tergantung kamera..hehehe..jadi malu ah kalo liat foto2 jepretanku..