Sunday, July 6, 2008

Classic sour cherry pie with lattice crust



Libur hari kemerdekaan Amerika saya sempatkan belanja peralatan baking. Kali ini malah ditemani Mr. C. Yang menyenangkan acara shopping ini karena dia memberi beberapa petuah praktis memilih piranti dapur. He he he..ini enaknya kalau sama2 seneng masak. Salah satu yang saya beli adalah piring pie dari gelas pyrex, juga skillet dari besi yang ia inginkan kalau membuat saus.

Hari Sabtu kami menuju Big Basin Redwood State Park untuk walking 4.5jam. Ini pertama kali saya kesana, sedang Mr.C udah yang ketiga kalinya. Menikmati pohon yang usianya ribuan tahun ini menentramkan hati. Kami menjelajah hutan dan pohon sebagai proses meditasi, menjauhkan diri dari gebyar kembang api di 4th July.

Nah sekembali hiking, barulah saya nyobain resep pie ini (kok ngga cape ya? he he..). Kalau musim panas begini, buah cherry disini murah banget. Hanya kebanyakan yang dijual adalah cherry yang manis. Jadi perlu ditambah asam dengan air jeruk (jus oranges). Untuk kulit (crust) udah saya siapkan dua hari sebelumnya. Jadi tinggal dibuat dan digepengkan, tutup plastik disimpan di kulkas.

Dari resep di Sur La Table yang diambil dari Bon App├ętit ternyata hasilnya terlalu tipis karena dibagi dua untuk atas dan bawah. Jadi saya sarankan mengikuti resep Dorie dengan 30% lebih banyak. Kalau mau lebih tebal, mungkin bisa dua kalinya. Yang cukup membingungkan saya adalah ukuran cherry. Disebutkan 5 cups atau 2 pounds sebanding dengan 1/2kg. Tapi setelah dilihat kok kurang banyak, sehingga saya lebihkan sekitar 200gr.

Secara umum resep dari Bon Appetit kurang bisa diikuti dalam hal ukuran atau dimensi. Kalau ingin tahu gimana hitungan berat dan ukuran silakan tengok disini. Sementara ini saya mengikuti cara mengukur Amerika. Sedangkan urutan pengerjaan, resep ini bisa dikuti.

Sebenarnya yang cukup menantang ada dua hal yakni membuat lattice dan juga memanggang tanpa membuat tepian pie gosong. Karena belum pakar, membuat lattice agak penyok dan terlalu tipis. Sedangkan untuk membuat tepi pie ngga gosong adalah dibungkus memutar dengan aluminium foil. Saya sarankan ditutup sejak awal karena kalau disusulkan terlalu panas di tangan. Lumayan juga, walau hasil akhirnya tetep aja coklat banget. Lama memanggang juga hanya kira2. Di resep dibilang butuh 1 jam tapi kalau suhu 375F mungkin lebih lama lagi. Kalau ini sih tergantung selera, apakah suka cherry-nya lembek atau dibuat masih utuh. Saya sendiri suka masih utuh jadi jus-nya ngga terlalu mblobor kemana-mana.

Soal memfoto pie ini tidak susah. Karena libur jadi saya sempatkan belajar setting flash dan tripod (head tripod ketemu setelah diubek-ubek). Termasuk menyetting flash command dengan external flash ditambah diffusser. Jadi ngga perlu memegang reflektor tiap saat. Juga memanfaatkan timer di kamera karena ngga bisa dipakai remote.

Classic Sour Cherry Pie with Lattice Crust

(dimodifikasi dari Lori Longbotham dan Dorie Greenspan)

Persiapan 40menit, memanggang 75menit.


Apa aja yang dibutuhkan :

Kulit (Crust) untuk 2 lapis (dobel) :
3 cups tepung terigu all purpose
1/4 cup gula pasir
1.5 teaspoon garam
2.5 sticks atau 10 onz mentega tanpa garam kondisi dingin, potong kecil2
1/3 cup margarine (vegetable shortening) kondisi beku, potong kecil2

1/2 cup air es


Isian (Filling):
1 cup ditambah 1 tablespoon gula pasir
3 tablespoons tepung jagung
1/4 teaspoon garam
5 cups buah cherries asam atau cherries manis (sekitar 2pounds tanpa diambil isinya)
1 teaspoon lemon jus segar (jika dengan cherries asam) atau 3 tablespoons lemon jus segar (jika dengan cherries manis)
1/2 teaspoon sari vanilla
2 tablespoons mentega tanpa garam, potong kecil2
1 tablespoon susu
Vanilla ice cream

Persiapan

Untuk membuat kulit crust:
Aduk tepung terigu, gula, dan garam dalam mangkok besar. Tambahkan mentega dan margarine sambil di aduk dan diratakan. Tambahkan sedikit demi sedikit air es hingga membentuk adonan. Aduk dengan garpu. Hindari menyentuh dengan tangan langsung. Tambahkan air jika terlalu kering, yang penting semua tepung tergabung. Bagi adonan menjadi dua. Bentuk jadi bola dan digepengkan, bungkus plastik. Masukkan kulkas minimum 30 menit sebelum dipakai. Adonan bisa dibuat 2 hari sebelumnya. Jika terlalu keras, tunggu sebentar sebelum dirolling.

Membuat isi:
Tempatkan rak di sepertiga bawah oven dan preheat dalam suhu 425°F. Aduk 1 cup gula, tepung jagung dan garam dalam wadah sedang. Aduk hingga rata lantas tambahkan buah cherries, jus lemon dan sari vanila. Kemudian sisihkan.

Roll adonan kulit untuk bawah sebesar diameter 12inc. Baluri piring pie dengan mentega merata. Kemudian letakkan kulit dalam piring gelas pie. Buat kulit sedikit lebih (overhang) sekitar 1/2 in (2cm-an). Kemudian roll adonan kedua dibuat dengan diameter sama yakni 12inc. Dengan pisau pastry potong selebar 3/4in. Ini akan dipakai sebagai atas (lattice)

Masukkan isi (filling) buah berries, ratakan dalam piring pie. Kemudian pindah potongan lattice tadi dengan dibentuk ayaman. Buat anyaman ini sedikit berlebih sekitar 1/2 inc. Kemudian gelung sisa kulit bawah dengan sisa anyaman di tepian pie. Sapu strips atas lattice (bukan tepiannya) dengan susu, tambah sedikit tebaran gula pasir diatasnya.

Tempatkan piring pie dalam lapisan panggang. Masukkan selama 15 menit. Kemudian kurangi suhu oven menjadi 375°F. Panggang hingga isi terlihat menggelembung dan kulit berubah warna. Jika kulit terlalu cepat matang, tutup dengan aluminium foil memutar tepi piring. Panggang sekitar 1 jam atau lebih. Jika matang, keluarkan dan dinginkan. Potong dan sajikan dengan es krim.




No comments: