Friday, July 18, 2008

All American All Delicious Apple Pie



Argumentasi siapa yang menciptakan Apple Pie mungkin ngga ada habisnya. Yang pasti orang Amerika lah yang mempopulerkannya. Saya ingat Apple Pie pertama yang saya icip adalah deep fry apple-pie dari McDonald. Well, rasanya yah begitu lah. Tapi yang saya ingat untuk menghasilkan rasa ini haruslah dengan buah apel untuk dimasak (cooking apple). Teksturnya lebih keras, jadi jika dipanggang tetap dalam bentuk asli, lebih kecut dan renyah tapi jika dicampur dengan kayu manis rasa manis dan aroma itu meleleh bersama.

Saya menemukan Granny Smith Apple, jenis apel yang agak jarang di Inggris tapi ternyata banyak sekali disini. Apel Bramley biasa ada di Inggris pada musim gugur atau menjelang dingin. Begitu menemukan Granny Smith di tengah musim panas saya mencoba membuat Apple Pies.

Ini sebenarnya percobaan kedua dengan resep yang sama. Masih dari bukunya Dorie, yang menulis 2 halaman penuh berisi detail bagaimana membuat Apple Pies Homemade in American’s way.

Saya tetap membiarkan kulit apel karena lebih kerasa dan memotongnya dalam ukuran sedang. Dorie sendiri lebih suka mengiris tipis, jadi seperti membuat lapisan. Saya hanya menggunakan 3 biji saja karena saya memakai loyang pie yang datar. Hasilnya cukup untuk 2-3 malam hidangan penutup berdua dinikmati dengan es krim vanilla coklat. Rasanya? Yummm….lebih uenak daripada bikinan McD. Dijamin!

Saran untuk menghasilkan apple pies yang yum :
  1. Untuk kulit pie (pastry) jangan terlalu lama disimpan di kulkas. Kurang dari 1 jam udah cukup, dan biarkan 2-3 menit dalam suhu ruang
  2. Pastry yang baik akan terlihat nyampur antara tepung dan mentega. Beda adonan ini dengan yang lain adalah “short dough” atau tidak terlalu elastis sehingga kemungkinan sobek besar. Semakin tidak elastis semakin crumbly hasilnya. Beda dengan adonan untuk pizza misalnya yang semakin elastis makin baik.
  3. Kalau bisa gunakan ‘cooking apple’ tapi jika tidak pakai apel hijau dengan tingkat kecut yang tinggi. Bisa juga dicampur apel yang manis dengan mengurangi kandungan gula.
  4. Saya mencoba rolling adonan dengan dasar plastik, jadi tidak terlalu banyak menggunakan tepung agar ngga lengket. Ternyata membuat adonan menjadi lebih tidak elastik dan cepat dibuat.
  5. Dipakainya bread crumbs (serpihan roti) untuk dasar pie adalah agar bawahnya tidak terlalu basah dan lembek.
  6. Untuk pengharum saya mengikuti resep Dorie yakni kayuwangi dan pala. Kalau bisa masih segar dibuat bubuk. Misalnya kayuwangi beli batangnya dan digepruk halus, sedang pala diparut atau ditumbuk. Ohya pala lebih berminyak jadi pasti lebih lengket.
  7. Bahan bumbu lain bisa dimodifikasi menjadi kapulaga (1/4 teaspoon) atau bubuk jahe (1/2 teaspoon).



All American All Delicious Apple Pie


Untuk membuat kulit pie 2 lapis (double crust)
3 cups tepung terigu all purpose
¼ cup gula pasir
1.5 teaspoon garam
2.5 stick (10 onz) mentega dingin potong kecil2
1/3 cup margarine dingin , potong kecil2
½ cup air es (atau secukupnya)

Untuk filling (isi)
3 biji apple Granny Smith (atau cooking apple lain)
¾ cup gula pasir
irisan kulit dari 1 jeruk lemon
2 tablespoons tepung tapioca
½ teaspoon bubuk kayumanis
1/8-1/4 teaspoon bubuk pala
¼ teaspoon garam
2 tablespoons bread crumbs (atau biscuit yang diremah)
2 tablespooms mentega tanpa garam untuk taburan

Glazing (sapuan)
Susu atau krim
Gula pasir untuk taburan

Proses :

Cara membuat kulit pie bisa dibaca disini

Panaskan oven dalam suhu 425F letakkan rak ditengah.

Potong dan keluarkan isi buah apel kemudian campur dengan gula, irisan jeruk, tapioca, kayumanis, pala dan garam. Aduk hingga semua permukaan apel terlapisi dengan baik. Sisihkan.

Siapkan loyang 9inch, beri mentega. Keluarkan adonan kulit pie yang sudah dibuat sebelumnya. Gunakan plastik pelapis sebagai dasar dengan sedikit tepung agak tidak lengket. Rolling untuk membuat lapisan kulit bawah dan atas.

Letakkan kulit bawah di loyang pie. Taburkan potongan roti/biscuit di dasar loyang sebelum menuang filling. Atur apel sesuai selera. Kemudian taburi potongan mentega diatasnya sebelum ditutup dengan kulit atas.

Setelah kulit atas diletakkan, dengan sedikit air, lekatkan kulit bawah dan atas. Dengan pisau tajam potong kulit sisa dari tepian loyang. Kemudian buat potongan diatas kulit atas, sekitar 5-6 sayatan.

Sapu permukaan pie dengan susu atau krim. Taburi dengan gula sebagai pemanis.

Panggang dalam waktu 15 menit. Kemudian turunkan suhu menjadi 375F dan panggang dalam 50-60 menit. Cek ketika mencapai 40 menit untuk melihat apakah kulitnya terlalu matang. Jika ada tanda, segera tutup dengan aluminium foil.

Jika selesai, keluarkan dari oven dan biarkan hingga hangat atau suhu ruang. Sajikan dengan es krim.

2 comments:

sefa firdaus said...

aku doyan.. tapi belum pernah bikin, pernahnya bikin yg strudel

fotonya cantik-cantik deh...

Elsye said...

aku malah belum pernah bikin nih mbak :D...keliatan enakk !!