Sunday, July 27, 2008

Dimply Plumcot Cake : aroma dari kapulaga hijau

Menambahkan kapulaga hijau di resep ini sungguh menambah harum. Saya belum pernah mencoba mendapatkan bubuk kapulaga sendiri. Dari bijinya cukup dikeluarkan di gerus halus dengan penggerus keramik ini. Jenis kapulaga yang saya pakai adalah warna hijau -jenis yang tidak sama dengan di Indonesia atau Asia. Kita biasa melihat kapulaga dengan warna coklat, berukuran lebih besar (2X dari si hijau) dan juga berkerut kulitnya.

Bahan disini agak saya mainkan sedikit. Gula coklat misalnya, saya pakai campuran dengan gula demerara yang lebih organik. Minyak Canola tersedia banyak di supermarket. Sedang buahnya saya coba ganti dengan plumcot hijau. Beda dengan plumcot merah adalah yang hijau jauh lebih kecut tapi secara visual tidak terlalu cakep.

Resep ini cuma sebagai pelepas percobaan fruit pies yang saya coba sebelumnya. Cake Fruits atau kue buah sedikit berbeda dengan faktor kesulitan menengah. Jadi ngga susah dan ditanggung lebih cepat daripada pies.



Dimply Plumcot Cake

- untuk 8 porsi -
Adaptasi dari Dimply Plum Cake Baking From My Home to Yours : Dorie Greenspan di Serious Eats

Dibutuhkan

1 1/2 cups tepung terigu all-purposes
2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
Percik1/4 sdt kapulaga hijau bubuk (pilihan)
5 sdm mentega tanpa garam dalam suhu ruang
3/4 cup gula coklat
2 telor ukuran besar
1/3 cup minyak yang tanpa aroma seperti canola atau bunga matahari
irisan kulit dari 1 bh orange
1 1/2 sdt sari vanilla
6 buah plum dipotong dan bijinya diambil


Persiapan : letakkan rak di tengan oven dan pre-heat dalam suhu 350F. Lapisi nampan panggang ukuran 8in yang dalam dengan mentega dan tepung, ketuk2 ringan untuk mengurangi kelebihan tepung dan letakkan pinggan dalam lapisan panggang.

Campur tepung, baking powder, garam dan cardamon.

Dengan mixer, campur mentega dalam kecepatan sedang hingga lembut seperti krim selama kurang lebih 3 menit. Tambahkan gula dan campur hingga 3 minut lagi, lantas masukkan telur satu persatu dengan jeda 1 menit untuk masing2 telur. Masih dengan kecepatan sedang campur minyak, irisan kulit oranges, dan vanilla ke dalam adonan hingga halus sepeerti kain satin. Kurangi kecepatan mixer hingga rendah dan kemudian tambahkan campuran kering (no 1) hingga adonan bercampur merata.

Aduk dengan spatula hingga ke bawah mangkok untuk melihat jika ada bahan kering di bawah, kemudian pindahkan adonan ke dalam cetak panggang sambil diratakan atasnya. Tempatkan buah plumcot diatas adonan, dalam pola tertentu hingga buah duduk dengan manis di adonan.

Panggang sekitar 40 menit hingga atasnya terlihat warna coklat. Cek dengan melihat buah plum dan masukkan pisau kecil ke dalam roti. Jika matang pisau akan nampak bersih. Pindahkan kue ke dalam rak pendingin selama 15 menit -waktu dimana jus dadri buah akan masuk ke dalam kue. Dengan pisau, potong pinggiran kue melingkar di cetakan, gerakkan sedikit dan keluarkan dengan hati-hati. Biarkan kering dengan permukaan diatas.

Menyimpan kue : bungkus kue dengan plastik tahan udara dalam suhu ruang selama 2 hari, disaat kue menjadi lebih lembut dan sedikit berair.

Bermain resep : Silakan mengganti aroma di resep ini. Bahkan bisa mengganti dengan buah plumcot dengan yang lain. Ini adalah yang disarankan Dorie :

  • buah apricot, irisan buah orange dengan bunga lawang/pekak (star anise),
  • buah peach, irisan lemon dengan daun basil (kemangi) segar
  • buah cherry dengan irisan jeruk nipis
  • buah blackberry dengan irisan lemon, jeruk nipis atau orange



2 comments:

Elsye said...

aku belum pernah bikin iki mbak...jadi ngilerr :D...

--ambar-- said...

iyah nih mencoba pake cardamon untuk cake. harum juga ternyata :)