Friday, July 11, 2008

Summer Fruit Crostata



Ini adalah resep terakhir dari percobaan Sur La Table. Saya ingat ketika merasakan pies ini. Wow ! it's heaven. Enak sekali karena jus yang manis ditambuh kecutnya peach dan cemerlang warna ungu blueberries. Dari resep sebelumnya, ini adalah paling mudah dan paling rustic finished alias kliatan paling ngga rapi.

Pie tidak ditempatkan di wadah tapi cukup di gelar di baking sheet dan cuma digulung tepinya. Hasilnya adalah jus yang lari kemana-mana dengan kulit pie yang tidak terlalu keras.

Resepnya sendiri diambil dari Barefoot Contessa, salah satu chef negeri ini yang saya suka selain Dorie Greenspan (not mention Martha because I haven't try her recipes yet). Ketika cooking class, saya kebetulan kurang memperhatikan prosesnya. Karena itu saya coba mengikuti secara ketat ukuran yang dipakai.

Ketika membuat crostatas (pie crust) saya merasakan terlalu tipis, sehingga jika resep dipakai setengah saya memutuskan untuk memakai 3/4. Sedangkan sisanya saya buat mini Classic Berry Tart. Itu saja kombinasinya.

Untuk buah saya menemukan plumcot California yang warna merah delimanya betul2 menawan. Kulitnya tidak seungu plum biasa, dan terasa lebih kecut.



Summer Fruit Crostata


Kesulitan: Sedang
Persiapan: 30 menit
Persiapan tak aktif: 1 jam 5 menit
Waktu memasak: 20 menit
Porsi: 6 orang

Membuat pastry untuk 2 crostata :
2 cups tepung terigu all-purpose
1/4 cup gula pasir halus atau superhalus
1/2 teaspoon garam
1/2 pound (2 sticks) mentega tanpa garam dingin, potong kecil2
6 tablespoons (3 ounces) air es

Membuat filling untuk 1 crostata :
1 pound (1/2kg) buah peach matang, potong
1/2 pound buah plum matang, potong dengan kulitnya
1/2 pint buah blueberries segar
1 tablespoon tepung all purposes
1 tablespoon gula pasir
1/4 teaspoon orange zest (irisan kulit orange)
2 tablespoons orange juice segar
1/4 teaspoon garam

Membuat crumble/topping :

1/4 cup tepung terigu all-purpose flour
1/4 cup gula pasir
4 tablespoons (1/2 stick) mentega tanpa garam, potong kecil2


Membuat pastry :

Tempatkan tepung, gula dan garam dalam food processor. Nyalakan on-off untuk mencampur. Tambahkan mentega, campur dengan tangan agar tiap mentega tertutup dengan tepung. Nyalakan mesin 12-15 kali atau hingga mentega seukuran biji buncis. Tambahkan air es sambil mesin dinyalakan hingga tercampur merata. Hentikan segera jika sudah terbentuk adonan. Ambil adonan, letakkan di meja yang sudah dibaluri tepung. Buat rolling hingga menjadi 2 bola. Bagi adonan menjadi dua dan ratakan bola tadi. Tutup dengan plastik dan masukkan dalam kulkas minimum 1 jam sebelum dipakai. Jika hanya dipakai satu bola, maka sisanya bisa dimasukkan freezer. (catatan : saya make dua2nya).

Nyalakan oven pada 450F. Ambil loyang baking dan lapisi dengan kertas roti.

Keluarkan bola pastry dari kulkas, buat roll hingga ukuran bola 11 inchi dalam meja bertepung. Kemudian pindahkan ke atas kertas roti. Usahakan pastry tetap dingin, jika buah belum siap masukkan kembali dalam kulkas.

Filling (isi) : potong buah peach dan plum bentuk segitiga dan tempatkan di wadah beserta buah blueberries. Campur dengan tepung dan gula pasir, orange zest dan jus orange. Tempatkan buah ini diatas pastry dengan dibiarkan sisa sekitar 3 cm tepian pastry.

Crumble (atau topping) : campurkan 1/4 cup gula dan 1/4 cup tepung dalam food processor. Tambahkan mentega dan nyalakan hingga adonan terlihat tekstur "crumbly". Ambil dengan tangan dan taburkan diatas buah.

Tutup tepian pastry hingga terbentuk seperti wadah. Usahakan rata sehingga kemungkinan bocor tidak banyak.

Panggang crostata selama 20-25 menit atau hingga kulit pie nampak kecoklatan dan buah kliatan lembut. Biarkan dingin selama 5 menit kemudian pindahkan ke tempat pendingin.

Hidangkan hangat atau sedang untuk penutup.

3 comments:

A.G said...

weh mbak punya blog resep juga toh.... asyek mmbak Ambar terjun kedapur... nyambi profesi tukang poto makanan hihi.... :)wekam to foodie world

fruit pie emang enak... syeger n kriuk... hmm nunggu plommene tonggoku mateng sek hehe... sayang plume warna kuning hiks ra ayu sek wrn ungu :p

Elsye said...

mbak Ambar thanks udah mampir yaa :D, woww asik bener liat makanannya :D

eliza said...

ambar, salam kenal yah. bloghop dari cerita ambar, saya eliza dari fooddiary.blogsome.com, sama2 di Jakarta Post :)

http://fooddiary.blogsome.com